Sabtu, 01 Mei 2010

cerita sang ayah

ayah bercerita ,,
ah .. tergetak saat itu ..
kalau ayah udah ngomong ,, kami semua pada diam .
pada awalnya dimulai selesai sholat maghrib ,
seperti biasa kalau ayah lagi di ruma . biasanya kami bahas hadits muslim.
pada malam itu masuk ke bab kurban ,,
ayah cuma baca 2 ayat , terus bilang

ayah : kita bahas yg lain aja yg lebih penting
aku : apa yah ?
ayah : tentang kalian .. ayah perhatikan akhir-akhir ini kalian udah mulai tidak menerapkan prinsip yg dulu ayah ajarkan
aku : apa yah ?
ayah : masih inget ciri-ciri manusia yg sejati itu apa ?
aku : sama gak dengan mukmin sejati yah  ?
ayah : emang apa ?
aku : tidak menyia-nyiakan waktunya . karena menyia-nyiakan waktu itu adalah perbuatan yg amat sia-sia.
ayah : wah , anda salah .. bukan itu nak, adam ?
adam : gak tau ayah dam.
ayah : manusia yg sejati itu manusia yg mampu memberi manfaat atau berguna bagi lingkungannya ..
lingkungan yg paling kecil itu apa ?
adam : keluarga .
ayah : iya , keluarga .. nah , gimana ini ? mbak chandra sama adam sudah ngersa bermanfaat bagi keluarga lum ? gmana adam ?
adam : (menggeleng-gelengkan kepala)
ayah : chandra ?
aku : (diam tanpa kata)
ayah : nah ... masih belum ya ..
aku : sepenjingukan cak itu yah ..
ayah : nuh ,, gini lho .. kita itu hidup ini gak mungkin bergantung .. coba deh sekali-kali kalian mikir gini " ANDAI AYAH DAN MAMI BESOK MENINGGAL , APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN HARI ESOK ? "

- perkataan itu selalu di ulang2 ,, membuat  diri ini makin bersalah - :(

tapi memang benar apa yg dikatakan ayah , aku harus bisa gak bergantung sama mereka .. :)

aku & adam : InsyaALLAH ,
ayah : nah ,, nanti kita evaluasi lagi malam jum'at pas ayah ke palembang . pakah kalian sudah ada perubahan atau belum .. oya , ada yg masih ingat manusia itu di bagi dalam berapa kelompok ?
aku : chandra yah .. dalam tiga kelompok kan . yg pertma org yg beruntung yaitu orang yg hari esok lbih baik dari hari ini .. yg kedua org tersesat yaitu orang yg hari esok  lebih buruk dari hari ini. dan yg ke3 ory yg merugi , org yg hari esoknya sama dengan hari ini..
ayah : ALHAMDULILLAH , mbak chandra masih inget rupanya ..
aku : Iya , donk .. anak mami :)

kami pun tertawa , aku bahagia di kelilingi keluarga yg seperti itu .. terutama sama AYAH ;)

terjadi konflik - >.<

aku : ayah , chandra gak ikut nonton ya.
ayah : lho , kenapa ?
aku : banyak pr .
ayah : kok main laptop terus?
aku : prnya ada di laptop
ayah : ya sudah pakai komputer saja .. laptopnya disita . flashnya juga ., baru boleh gak ikut nonton.
aku : jiaa.. gak adil itu . banyak nian yah pr ni .
ayah : hmm .. coba deh mbak kamu berfikir dulu , mana ada ayah yg super sibuk di luar sana bisa ngeluangin waktunya hanya buat menonton dengan anak-anaknya ? ayah pengen kita ngumpul-ngumpul aja ..
* ayah lebai mode on :p
aku : jiaa .. bilang aja yah kalau gak ngeliat chandra bentar nanti kangen * wah keturunan ayah melok2 lebai :p
ayah : jadi ikut apa tidak ?
aku : ikutlah , daripada laptop disita .. dan menghilangkan rindu ayah pada chandra .. akakakka :D
ayah : (narik hidung aku ampe merah) :)
aku : yo suda ah .. men kangen tu ngomong bae , dak usah nak narik hidung nian :O ;)

ya begitulah ,, kehidupan bersama keluarga , terutama sang ayah teramat sangat saya cintai :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar